Animasi sebenarnya tidak akan terwujud tanpa didasari pemahaman mengenai prinsip dasar kerja mata manusia atau dikenal dengan nama The Persistance of Vision. Uuuwh… prolognya berat! -_-

Kata siapa animasi itu penemuan modern? Sebuah informasi luar biasa dari animation magazine dot net yaitu ditemukan sebuah mangkuk yang berusia 5.200 tahun di Kota Burnt. Lho, apa hubungannya animasi dengan mangkuk?

Subhanallah, mangkuk tersebut memiliki serangkaian lima gambar yang baru-baru ini diidentifikasi para arkeolog seperti proses zoetrope -berupa selembar kertas bergambar yang dimasukan pada sebuah tabung yang jika diputar gambar seakan membentuk gerakan. Benar sekali, jika mangkuk diputar akan terlihat sebuah gerakan kambing melompat untuk merebut daun dari pohon, seperti yang terlihat di sini.

Penemuan berharga tersebut berasal dari situs pemakaman arkeolog Italia yang tidak menyadari kegunaan gambar-gambar yang menghiasi mangkuk tersebut. Hal tersebut baru ditemukan 2 tahun kemudian oleh arkeolog Iran Dr. Mansur Sadjadi, yang kemudian mengerahkan proyek penggalian Kota Burnt, yang terletak 57 kilometer dari kota Zabol di sebelah tenggara provinsi Iran Sistan-Baluchestan.

Meskipun belum ada yang mempertanyakan contoh animasi awal, para peneliti telah mempunyai beberapa pendapat atas arti sesungguhnya dari karya seni mangkuk gerabah itu. Awalnya arkeolog sepakat bahwa mangkok tersebut menggambarkan kambing yang sedang makan dari Pohon Kehidupan Asyiria, tetapi sekarang arkeolog menegaskan bahwa mangkok tersebut mendahului peradaban Asyiria selama seribu tahun.

Sumber gambar: CHN Photo Agency

Advertisements