So don’t you see?
That I’m truly free
This piece of scarf on me
I wear so proudly
To preserve my dignity…
(Free, Sami Yusuf)

Bait-bait dalam senandung ini begitu menguatkan muslimah untuk teguh pada jilbabnya. Jilbab adalah identitas diri seorang muslimah. Kuharap kau paham bahwa menutup aurat bagi seorang wanita merupakan kewajiban yang sudah ditetapkan dalam ajaran Islam.*

Apakah kau mengenal Marwa Al-Syarbini yang ada di video itu? Dia adalah lambang jihad muslimah, Pahlawan Jilbab. Marwa Al-Syarbini mempertahankan harga dirinya sebagai seorang Muslimah yang mematuhi ajaran agama meski untuk itu ia kehilangan nyawanya.

Awal juli tahun lalu, Marwa ditikam di ruang sidang kota Dresden, Jerman, saat akan memberikan kesaksian atas ancaman terhadapnya. Ia mengadukan sorang pemuda Jerman yang kerap menyebutnya “teroris” hanya karena ia mengenakan jilbab. Dalam suatu kesempatan, pemuda itu bahkan pernah menyerang Marwa dan berusaha melepas jilbabnya. Di persidangan itulah, si pemuda kembali menyerang muslimah asal Mesir itu, kali ini ia menikam berkali-kali. Suami Marwa yang berusaha melindungi isterinya, malah terkena tembakan pihak berkuasa keamanan pengadilan yang berdalih tak sengaja menembak suami Marwa.

Tak ada berita pemakaman Syahidah Marwa Al-Syarbini yang mendapat sebutan “Pahlwan Jilbab”. Tak ada protes dunia Islam atas kematiannya. Tak ada tangisan kaum muslimin dunia untuknya. Tapi tak mengapa, Marwa Al-Syarbini, karena engkau akan mendapatkan tempat yang paling mulia di sisi-Nya. Seiring doa dari orang-orang yang mencintaimu. Selamat jalan saudariku, maafkan kami jika kurang peduli.

Foot Note:
* QS.Al-Ahzab/33:59 dan An-Nur/24: 31

Advertisements