Kenapa tidak kutemukan Koran Jakarta atau Jakarta Post hari ini? Oh tentu saja, aku kan sedang tidak ada di Jakarta. Lalu, apa kabar Jakarta hari ini, ya? Apa pentingnya buatku? Sayup terdengar ada yang teriak, “Hei, tidakkah kau sadari kalau teman-teman, keponakan, bahkan ibu pegawai perpustakaan daerah yang ramah itu menantimu?” Hihi jadi geli sendiri, aku kan tinggalnya di daerah Depok kok kangen Jakarta.

Ngobrol soal Kota Jakarta, mengingatkanku dengan hujan sore di Kota Tua. Hari itu, tepatnya di bulan Mei 2010 lalu, aku dan sahabatku menghadiri acara world book day di Museum Bank Mandiri. Acaranya sih seru mulai dari talk show, bedah buku, pembacaan puisi, sampai dengan pemutaran film, tapi bagiku jalan-jalan keliling museum lebih seru. Museum yang letaknya persis di depan stasiun Jakarta Kota ini memiliki koleksi perlengkapan operasional bank dari masa penjajahan Belanda hingga terbentuknya Bank Mandiri. Catatan penting nih: ornamen gedung, interior, dan furniture asli Belandanya menarik untuk dijadikan objek kamera!

Setelah puas jeprat-jepret, sahabatku mengajak keluar museum. Pulang? Owowh… tentu tidak. Bangunan menarik lain di sekitar lokasi Museum Bank Mandiri ternyata banyak sekali, ada Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Batavia Café, Museum Fatahillah, dan lainnya. Seru! Maklum, ini kali pertama aku jalan-jalan ke Kota Tua. Menurutku, kawasan wisata yang satu ini mirip dengan daerah Braga di Bandung. Ah… sayangnya hari sudah sore. Museum-museum akan segera ditutup. Bangunan-bangunan tempo dulu itu pun hanya bisa kami nikmati dari luar yang basah karena hujan. Dengan bersenjata payung, aksi kamera tetap berjalan. Ini salah satu hasilnya dengan sedikit editan ngaco untuk menutup wajah si sahabat, malu katanya. hehehe

Senja di Kota Tua dengan sisa hujan. Sejuk! Tapi, sahabatku bilang, jalan ke Kota Tua belum klop kalau belum makan es potong. Haha ada ada aja. Ya udah, kita abadikan juga tuh es potongnya, cekrek!

Sampai ketemu lagi es potong, eh… Kota Tua.

Advertisements