Sssst… katanya dengan tahu tipe kepribadian diri, kita dapat lebih memahami orang lain. Asyik juga kan kalau kita tahu ternyata ada jutaan orang yang memiliki strategi menjalani hidup yang sama dengan kita.

Di bawah ini ada sembilan tipe kepribadian yang ditulis Renee Baron dalam bukunya Eneagram. Perlu tahu arti eneagram? Ga perlulah ya, kita langsung bahas aja tipe-tipenya, yuks…

1. Perfeksionis
: pribadi yang memegang prinsip, penuh pertimbangan, berusaha menjalani hidup dengan standar ideal yang tinggi, dan memandang kemarahan sebagai kelemahan. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjalani hidup dengan benar, termasuk memperbaiki diri dan lingkungan sekitarnya.

* Suka keteraturan dan kerapian.
* Sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
* Sering merasa waktu cepat berlalu.

2. Penolong: pribadi yang hangat, peduli, peka terhadap kebutuhan orang lain. Tipe inidimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai, dihargai, dan untuk mengekspresikan perasaan positif mereka kepada orang lain.

* Ingin orang lain merasa leluasa untuk meminta bantuan.
* Tidak ingin menunjukkan ketergantungan diri.
* Terlalu emosional dan melebih-lebihkan.

3. Pengejar prestasi: pribadi yang energik, optimis, percaya diri, berorientasi pada tujuan, ingin terlihat dalam kesan yang baik. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih sukses, dan menghindari kegagalan.

* Suka membuat daftar agenda untuk diri sendiri.
* Tidak suka melihat pekerjaan yang tidak terselesaikan.
* Senang disejajarkan dengan orang penting.

4. Romantis: pribadi yang hangat dan pengertian, mempunyai perasaan yang peka, memiliki kebutuhan besar untuk mengekspresikan diri. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaannya dan agar dipahami oleh orang lain, dan mencari makna kehidupan.

* Peka terhadap sindiran dan bisa sakit hati pada hal remeh.
* Mudah menangis akan keindahan, kecintaan, dan kesedihan.
* Senang dianggap berbeda dari yang lain.

5. Pengamat: pribadi yang penuh rasa ingin tahu, dan analitis. Tipe yang dimotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui dan memahami segala sesuatu, merasa cukup dengan diri sendiri.

* Belajar dengan mengamati dan membaca.
* Sulit menunjukkan perasaan pada saat itu juga.
* Merasa tidak nyaman di tengah orang banyak.

6. Pencemas: pribadi yang bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan keluarga, teman, kelompok, atau alasan-alasan. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan akan rasa aman.

* Gugup berada di dekat dengan orang-orang yang dominan.
* Senang jika memiliki panduan yang jelas.
* Hampir selalu gelisah dan waspada

7. Petualang: pribadi yang optimis, ingin memberi sumbangsih bagi dunia, dan menyembunyikan emosi yang tidak menyenangkan termasuk rasa takut. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk merasa gembira, dan menghindari kesedihan.

* Selalu kehebohan dan bepergian.
* Terus bergerak dari suatu tugas ke tugas berikutnya.
* Senang dan disenangi orang lain.

8. Pejuang: pribadi yang mengandalkan diri sendiri, percaya diri, protektif, menunjukkan citra yang kuat, dan tidak takut memperlihatkan kemarahannya. Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk mengandalkan diri sendiri dan terhindar dari kesan lemah atau bergantung pada orang lain.

* Mengambil keputusan bukan perkara sulit.
* Kurang sensitif.
* Jika berada dalam suatu kelompok, segera tahu siapa yang memegang kendali.

9. Pendamai: pribadi yang mudah menerima, penurut, suka menyenangkan orang lain, dan mencoba menyatu dengan orang lain. Tipe yang dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain, dan menghindari konflik.

* Sering merasa menyatu dengan alam dan orang lain.
* Memilih bisa menjadi hal tersulit.
* Cenderung menunda pekerjaan hingga menit terakhir.

Jadi, masuk yang mana nih?

******
Sumber bacaan: Baron, Renee. 2007. Eneagram. Serambi: Jakarta.
Bacaan lanjutan: Littauer, Florence. 1996. Personality Plus.

Advertisements