Owhh… lagi lagi tentang kopi. Tapi, kali ini aku coba bahas yang berkaitan dengan seni menyajikan kopi espresso yang disebut dengan latte art. Mungkin tidak banyak orang yang pernah mendengar kata latte art. Hal ini dikarenakan memang tidak banyak cafe di kotaku yang menghidangkannya. Lalu, apa arti latte art dan bagaimana istimewanya?

Seorang kenalan barista mengatakan, istilah latte art digunakan untuk menyebut desain gambar yang dilukis di atas permukaan minuman berbasis espresso. Untuk menghasilkan lukisan yang indah, dibutuhkan keahlian khusus dalam menghidangkan latte art secara baik kepada penikmat kopi.

Kenapa disebut dengan latte art, bukan cappuccino art? Menurut dia, hal tersebut dikarenakan teknik melukis di atas kopi ini biasanya diterapkan pada kopi espresso jenis latte. Kopi Latte, terang dia, mempunyai perbandingan susu dan foam yang paling pas untuk latte art. Umumnya, kopi latte disajikan secara proposional yakni sepertiga espresso dan dua pertiga susu steam. Dengan demikian, kopi latte mengandung lebih banyak susu dibandingkan kopi cappuccino. Sehingga kopi latte lebih lembut dan susunya lebih terasa.

โ€œLatte art lebih mudah diaplikasikan pada minuman berbasis espresso seperti Flat White, Macchiato, dan Latte dibandingkan dengan cappuccino. Kopi-kopi tersebut memiliki kombinasi foam susu yang lebih tipis dari pada cappuccino, sehingga lebih mudah untuk membuat gambar,โ€katanya sembari meracik espresso dengan lihainya.

Ternyata, melukis di atas foam kopi tidak semudah yang kukira. Biar lebih jelas, aku coba unggah sebuah video:

photo by: Don Cafe, thanks Koko

Advertisements