Kota kelahiranku, Palembang, memang patut berbangga karena telah berhasil meraih Piala Adipura kategori kota metropolis pada tahun ini. Istimewanya, Adipura kali ini adalah penghargaan yang kelima kalinya secara berturut-turut yang diterima Kota Palembang.

Seperti diketahui, penghargaan tahunan dalam bidang lingkungan hidup tersebut diberikan oleh negara. Pelaksanaan penganugerahannya dilakukan dalam serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup di Istana Presiden. Khusus di kotaku, Piala Adipura disambut dengan meriah. Pemerintah kota dengan bangga menyelenggarakan acara arak-arakan dengan keliling kota.

Ya, setiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Piala Adipura langsung diarak mengelilingi kota Palembang. Konvoi kendaraan dan sepeda motor turut meramaikan arak-arakan. Pasukan kuning, unsur muspida Kota Palembang, Bujang Gadis Palembang, syarofal anam, serta pawai mobil dan motor antik semakin menyemarakkan arak-arakan. Acara arak-arakan pun berakhir di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Semoga dengan Piala Adipura ini, masyarakat Palembang bisa tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Bukan hanya karena mengejar penghargaan dan lainnya.

Salam

foto by Mushaful Imam/ Sumsel

Advertisements