Di saat kecelakaan maut yang terjadi di Tugu Tani Jakarta masih menyisakan luka mendalam, aktivis wanita asal Saudi yang dikenal dengan seruannya pada anti pelarangan wanita mengemudi, tewas ketika naik mobil.

Dialah Manal Al-Syarif (foto atas), seorang akademisi wanita Saudi jebolan Universitas Amerika. Manal pernah nekat mengendarai kendaraan pribadinya di tengah Kota Khobar sebagai protes atas kebijakan larangan mengendarai mobil bagi wanita di negaranya. Praktis, tindakannya itu mengundang pihak keamanan untuk mengamankannya selama 10 hari pada Mei 2011 lalu.

Masalah menyetir mobil bagi kaum hawa memang menjadi polemik hangat di Arab Saudi, antara yang pro dan kontra. Hingga kini pemerintah secara resmi masih melarang kaum wanita menyetir kendaraan. Namun, di sisi lain tuntutan untuk menghapuskan ketentuan tersebut tidak pernah berhenti. Meskipun masalah ini sering timbul tenggelam, namun tampaknya semakin ke sini, tuntutannya semakin kuat seiring dengan semakin kuatnya tuntutan kaum wanita Saudi agar peran mereka di tengah masyarakat semakin diakui.

Ironisnya, Manal, salah satu aktivis yang menuntut penghapusan larangan itu tewas akibat kecelakaan saat sedang menumpang mobil yang dikendarai temannya yang juga seorang wanita. Dalam insiden naas itu, Manal tewas di lokasi kejadian, sedangkan sang pengemudi mengalami luka berat dan segera dilarikan ke rumah sakit. โ€œSeorang wanita tewas di tempat dan satu orang lagi segera dilarikan di rumah sakit karena mengalami luka yang cukup parah,โ€ ujar juru bicara kepolisian, Abdulaziz Al-Zunaidi seperti dilansir AFP.

Advertisements