Pulau Kemaro

Berbenah Sambut Cap Go Meh 2013

Pulau Kemaro tengah berbenah. Kawasan wisata religi kotaku yang satu ini memang patut diperhitungkan. Sebab, ratusan ribu pengunjung dari berbagai negara akan datang untuk merayakan puncak Imlek (Cap Go Meh) pada 22 Februari mendatang.

Menuju Pulau Kemaro_isra triansyah (1)

Tak salah kalau pulau yang terletak di perairan Sungai Musi tersebut mulai berbenah, karena pengunjungnya tidak datang dari masyarakat keturunan Tionghoa saja tapi juga non Tionghoa. Ya, pulau ini adalah salah satu dari dua tempat tujuan perayaan Cap Go Meh di Indonesia selain Singkawang di Pontianak. Lokasinya menarik dan sudah menjadi objek pendapatan asli daerah (PAD) andalan Kota Palembang.

Menuju Pulau Kemaro_tongkang_isra triansya

“Kita prediksi, pengunjung Pulau Kemaro bakal lebih ramai dari tahun lalu. Sebab, Cap Go Meh 2013 jatuh menjelang akhir pekan,”cetus Harun, Humas Yayasan Pulau Kemaro kepadaku.

Plbg_IMLEK di Bumi Sriwijaya_isra triansyah (FOTO) (5)

Jadi ingat kunjunganku di malam cap go meh tahun lalu. Saat itu, suasananya ramai dan meriah. Selain atraksi barongsai dan lampion indah di atas pagoda, di sana dihadirkan pula wayang orang cina yang menghibur.

Wayang Orang Cina_isra triansyah

Malam puncak perayaan, suasana di Pulau Kemaro persis pasar malam yang semarak. Kedai makanan dan minuman khas Cap Go Meh hadir untuk menjamu umat Tridarma yang datang dari berbagai wilayah. Tidak ketinggalan, para remaja yang berniat juga untuk mencari jodoh di Pulau Jodoh tersebut.

Puncak Cap Go Meh_isra triansyah

Pulau ini memang memiliki legenda tentang kisah cinta antara Siti Fatimah putri dari Raja Palembang yang dilamar Pangeran dari Cina yang bernama Tan Bun Ann. Perlambang cinta yang abadi keduanya kental terasa dengan keberadaan pohon cinta yang terletak di belakang pagoda di Pulau Kemaro. Begitu juga dengan makam Siti Fatimah dan Kelenteng Hok Cang Bio yang dipercaya memiliki makna ritual yang tinggi bagi penganut Tridarma.

Plbg_IMLEK di Bumi Sriwijaya_isra triansyah (FOTO) (23)

Menarik, kan? Masih banyak wisata religi lain di kotaku. Tunggu di postingan selanjutnya. Salam hangat ^_^

photo by: @isra_triansyah (siee siee, om hehehe)

Advertisements