Al-Quran Al-Akbar

Sambut ISG, Al-Quran Raksasa Bersolek

Al-Quran raksasa? Ya, inilah Al-Quran yang perlembarnya terukir di kayu-kayu tembesu. Al-Quran raksasa yang bernama Al-Akbar ini sudah menjadi objek wisata religi di kotaku. Diakui sudah banyak dikunjungi para wisatawan lokal dan mancanegara.

IMG-20130905-00463

Jelang pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) pada 22 September – 1 Oktober 2013, Al-Quran Akbar mulai dibenahi. Hal ini guna menjaga keawetan dan keindahannya. Mengingat negara-negara yang mengikuti ISG merupakan negara-negara Islam anggota OKI.

Saat aku berkunjung ke sana, tepatnya di komplek Pondok Pesantren Modern IGM Al-Ihsaniyah Kecamatan Gandus Palembang, tampak bagian dasar Al-Quran  Al-Akbar tengah dicat ulang, terutama warnanya yang memudar. Bagian dasar diberi warna merah, selanjutnya tinta emas untuk bagian huruf hijaiyahnya. Tidak hanya itu, saat ini dilakukan penambahan rangka besi di bagian luarnya.

yulia savitri

Pengelola Alquran Al-Akbar Hasri yang kutemui mengatakan, pengecatan ulang Alquran Al-Akbar ini baru pertama kali dilakukan sejak diresmikan Presiden SBY pada Januari 2012 lalu. Pemudaran warna lantaran tidak ada penutup air di bagian tembok sekitar Alquran. Untuk itu, pihaknya perlu menambah dinding seng lagi di bagian atas Alquran. “Kalaupun hujan tidak akan basah,” jelasnya.

Pemajangan sendiri baru ada untuk 15 juz Alquran, sementara bagian lainnya belum sempat dipajang. Penggagas Alquran ini dicetus oleh Anggota DPR RI Syofwatillah Mohzaib yang berasal dari Sumsel. Tertarik melihatnya langsung kawan? Kunjungi kotaku ya.

baca hasil liputannya di koran sindo

foto by @pena_lia

Advertisements