Trip ke Pagaralam Jadi Menyenangkan

Keinginan untuk refreshing di kawasan perbukitan akhirnya terbayar saat teman-teman jurnalis mengajak traveling ke Pagaralam, Sumsel. Di hari kerja? Why not!

Berpose di kaki Gunung Dempo Pagaralam, Sumsel

Berpose di kaki Gunung Dempo Pagaralam, Sumsel

Kami sepakat berangkat pada Jumat siang dan pulang Minggu sore. Dengan begitu, kewajiban liputan, mengirim berita, dan koordinasi redaksi tetap bisa dilakukan meski dari jarak jauh. Ya, Jumat paginya aku masih liputan. Cukup ribet karena membawa perlengkapan trip.

Kami menikmati perjalanan meski tetap sibuk menulis untuk dikirimkan ke kantor masing-masing. Tentu saja perjalanan tetap menyenangkan dan pekerjaan bisa beres kalau perangkat komunikasi yang ada bisa terhubung ke Internet. Sayangnya, di Indonesia konektivitas WiFi memang belum terlalu luas, sehingga ada batasan di mana pengguna ketika berada di tempat tertentu, atau di tengah perjalanan seperti kami ini, tidak dapat terhubung ke Internet saat membutuhkan. Beruntung sekali, salah satu rekanku membawa ASUS Fonepad saat itu.

Memang untuk sejumlah produk lain yang kami miliki, oleh vendor pembuatnya sudah dilengkapi fitur koneksi 3G yang dapat memanfaatkan jaringan nirkabel milik operator seluler untuk mengakses Internet. Tapi diketahui, kebutuhannya meningkat. Sebagian pengguna menginginkan tablet yang juga mampu melakukan panggilan suara. Koordinasi ke kantor redaksi tetap diperlukan meski posisi sedang di lapangan. Mungkin inilah yang mendorong ASUS, sebagai pemimpin global di era digital untuk menghadirkan ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon, produk yang mampu memenuhi kebutuhan itu.

ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon

ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon

Awalnya,  aku kurang begitu familiar dengan ASUS Fonepad. Rekanku memperkenalkan, tablet ini merupakan tablet 7 inci dengan fitur yang memungkinkan penggunanya menerima atau melakukan panggilan suara, mengirimkan SMS, ataupun MMS. Fitur ini membuat tablet Fonepad memiliki fungsi layaknya sebuah smartphone. Ini membantu sekali dalam pekerjaanku.

Dari sisi desain, tablet yang hadir dalam pilihan warna Titanium Gray atau Champagne Gold ini menggunakan casing berbahan dengan metallic finish memang mampu memperkuat kesan elegan pada ASUS Fonepad. Desainnya yang minimalis, rapi, tanpa mengumbar banyak port atau konektor pada sekeliling body-nya terlihat pada penempatan slot MicroSD dan Micro SIM card yang ada di dalam penutup belakang, bagian atas Fonepad. Penempatan tersebut semakin menegaskan desain Fonepad yang secara keseluruhan menjadi bagaikan tablet kelas premium. Untuk memperkuat tablet, ASUS memilih prosesor Intel Atom Z2420 Lexington, yang merupakan prosesor berkecepatan 1,2GHz dan memiliki fitur HyperThreading. Pemilihan prosesor ini sekaligus membuat Fonepad menjadi tablet 7 inci pertama di dunia yang menggunakan prosesor tersebut.

ASUS SEO Competition

ASUS SEO Competition

Menariknya, layar 7 inci yang digunakan Fonepad mendukung resolusi HD yakni 1280×800. Penggunaan panel IPS menjadikan tablet ini punya tampilan yang tetap tajam, warna cerah meski dilihat dari berbagai sudut, hingga 178 derajat. Di bagian depan, tersedia kamera 1,2MP. Dan kamera 3MP auto focus di bagian belakang dapat digunakan untuk merekam video beresolusi HD 720p. Dengan begitu, spot cantik di lokasi wisata Pagaralam bisa diabadikan jadi lebih keren.

Untuk menyimpan data, tablet 10 finger multi-touch berbasis Android 4.1 Jelly Bean ini menyediakan penyimpanan 8 atau 32GB dan dapat diekspansi hingga 32GB lagi lewat slot MicroSD. Jika belum mencukupi, ASUS juga menyediakan online storage sebesar 5GB yang bisa digunakan secara cuma-cuma selamanya oleh pengguna. Media penyimpanan berbasis cloud ini juga memiliki fitur Webstorage Office yang memungkinkan pengguna membuka, membuat, mengedit, atau melakukan sharing dokumen MS Word, Excel dan PowerPoint lewat Fonepad tanpa perlu menginstalasikan Microsoft Office.

Mengingat perjalanan memakan waktu sekitar tujuh jam (Palembang-Pagaralam), kami tentu butuh perangkat dengan masa aktif yang tahan lama. Senangnya ketika tahu baterai sebesar 4270mAh di perangkat ini, kami tetap dapat memainkan video beresolusi HD 720p hingga 9,5 jam pada Fonepad. Jika pengguna perlu melakukan panggilan telepon di jaringan 3G, baterai tersebut mampu memasok daya hingga 31 jam. Fonepad saat ini dipasarkan dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp2.999.000 untuk kapasitas 8GB dan Rp3.699.000 untuk kapasitas 32GB.

Trip yang menyenangkan dengan ASUS Fonepad. Sepanjang perjalanan, ada satu lagu yang sering diputar dan akhirnya menjadi sountrack trip kami, yaitu Dear God dari Avange Sevenfold. Lagu ini benar-benar bisa membuat kami berteriak. Dear God… Subhanallah…

Advertisements