Tak kurang 30 hari lagi Asian Games 2018 akan digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Ya, kotaku yang berada di selatan Pulau Sumatera ini akan menjadi tuan rumah kedua penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia itu. 

Semarak menyambut gelarannya sudah sangat terasa di sini. Hampir semua penjuru kota penuh warna warni dan ornamen khas logo Asian Games 2018, mulai dari bandara, halte, taman kota, pasar, rumah rakit di Sungai Musi, dan tentu saja Kompleks Jakabaring Sport City yang akan menjadi pusat pertandingan dan perlombaan sejumlah cabang olahraga.

Tidak ketinggalan, beragam kegiatan digelar untuk mengajak masyarakat mau mendukung bersama pelaksanaan Asian Games di Palembang, salah satunya lomba menghias kampung. Pastinya senang sekali warga sekampung mau dengan sukarela memperindah lingkungan tempat tinggalnya. Apalagi jika ada tema khusus yang bisa mengasah kreativitas.

Terbukti, salah satu kampung yakni Kampung Cempaka di Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Palembang berhasil menjadi kampung warna-warni bercorak Asian Games. Siapa sangka, kampung yang dulunya kumuh kini menjadi kampung wisata yang menawan. Tak hanya pagar rumah warga dan dinding gang yang dipoles, jalannya yang sempit juga dibuat menarik. Bahkan, satu tanah kosong milik warga yang berada di tengah kampung disulap menjadi lapangan olahraga. Tanah rawa itu sekarang menjadi lokasi berkumpul warga RT 18 RW 05. Tak ketinggalan, halaman lapangan tidak luput dicat dengan logo besar Asian Games. Tak heran jika Kampung Cempaka pun dinobatkan sebagai Kampung Hias Asian Games oleh Youth Care Asian Games pada Juni 2018 lalu.

Ketika kubincangi pada satu kesempatan, Ketua RT 18 RW 05 Amir Sarifudin mengakui, selama ini lingkungannya termasuk berkategori kawasan kumuh. Masih banyak yang perlu dibenahi di lingkungan tersebut. Lalu menjelang Asian Games, sebanyak 68 kepala keluarga di Kampung Cempaka antusias dan menyambut baik lomba menghias kampung Asian Games yang diumumkan Juni lalu.

Pengerjaan cat dinding dan jalan kampung yang dilakukan bersama-sama dan sukarela hanya selesai dalam setengah bulan saja. Hingga saat pengumuman, Kampung Cempaka menjadi pemenang dan mendapatkan tiga ekor sapi. “Semua antusias dan semangat padahal saat itu lagi bulan puasa. Tapi capek sudah diganjar sapi yang kami potong dan bagi-bagi,”ujar Amir.

Kampung Cempaka pun menjadi sorotan. Tak terkecuali Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang mengagendakan khusus untuk berkunjung ke lokasi awal Juli lalu. “Menghias kampung menjadi Kampung Hias Asian Games ini merupakan partisipasi masyarakat sendiri. Kesadaran ini menunjukkan Palembang siap menjadi tuan rumah. Akan kita ajak tamu-tamu asing nantinya untuk berwisata ke sini,”ucap Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam kunjungannya, Minggu (8/7).

Pemerintah daerah ini, kata Alex, meyakinkan akan lebih memperindah Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Mengingat persiapan utama seperti infrastruktur sudah hampir rampung 100%, sebut saja jalur kereta ringan (LRT), jalan tol Palembang – Inderalaya, serta venue dan wisma atlet di kawasan Jakabaring Sport City. Upaya memperindah kota yang dimaksud seperti perbaikan jalan yang rusak, membuat taman, lalu penambahan lampu hias dan lampu jalan. Apalagi sebelumnya Pemerintah Kota Palembang juga sudah mempercantik rumah-rumah rakit di pinggiran Sungai Musi dengan cat warna warni khas Asian Games. Pastinya, tetap perlu membangkitkan kesadaran wong kito untuk mau dukung bersama menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.

***

Foto: Dokumen @yuliasavitri 

(Mari biasakan izin ketika mengutip atau mengambil foto milik orang lain!)

Advertisements